Cara Menangani Ego


Menyambung dari posting sebelumnya tentang karakteristik orang yang mempunyai ego terlalu besr, berikut disampaikan beberapa langkah untuk meminimalkan Ego dengan melihat kritikan tentang diri kita secara positif

  • Gunakan kritik kepada diri kita sebagai alat untuk menjadi pribadi lebih baik. Kadang sulit untuk bisa melihat apa kesalahan kita dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Meskipun demikian, mengetahui tentang kekurangan Anda seringkali  merupakan cara yang efektif untuk mengubah  diri kita menjadi orang yang lebih baik. Jadi, janganlah menjadi marah atau sedih, cobalah untuk melihat potensi-potensi yang positif dari kritikan tersebut guna membuat penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

  • Memahami bahwa tidak ada yang sempurna dan bahwa setiap orang memiliki kelemahan. Ambil hal-hal positif dari sebuah kritikan.
  • Menyadari sifat dari ego yang sementara. Ingat bahwa apa pun yang terjadi kepada Anda, itu hanya sementara dan akan segera berlalu. Jika Anda merasa mempunyai perasaan negatif hal tersebubut tidak akan bertahan lama dalam pikiran, emosi yang negatif akan segera berlalu dan Anda akan merasa senang lagi. Akan jauh lebih mudah untuk menangani konflik sehari-hari  dengan mempertahankan fokus yang positif.
  • Mengembangkan rasa percaya diri yang membuat Anda untuk tidak merasa perlu untuk membual tentang prestasi Anda. Sering kali, orang yang sering menerima kritik adalah orang-orang yang bertindak angkuh dan membanggakan setiap prestasi kecil. Itulah mengapa lebih baik untuk bisa percaya pada diri sendiri. 
  • Bertanggung jawab untuk tindakan Anda dan jika Anda melakukan sesuatu yang salah. Jika seseorang mengkritik karena Anda telah bertindak tidak tepat, cobalah untuk tidak marah atau defensif, tetapi menggunakan situasi tersebut untuk membangun integritas Anda sebagai gantinya.

Comments

Popular Posts