Keseimbangan dalam Bekerja



Setiap organisasi menerapkan pola bekerja secara berbeda-beda. Beberapa kantor mengharapkan Kita untuk selalu ada setiap saat dalam jam kerja Kita, sementara yang lain menghendaki beresnya tugas yang diberikan tanpa harus terpaku pada keberadaan Kita. Pola-pola tersebut mempengaruhi jumlah jam yang berkaitan dengan pekerjaan Kita.




Untuk mencapai keseimbangan hidup dalam kehidupan keseharian Kita, sekaligus juga bisa memahami organisasi tempat Kita bekerja, hal-hal yang patut diperhatikan dalam melakukan pekerjaan kantor adalah sebagai berikut:



Bekerja dengan Cerdas
Cari tahu bagaimana organisasi Kita dalam memaknai waktu kerja. Apakah kantor bekerja pada akhir pekan? Apakah karyawan meninggalkan kantor sekitar pukul 5:30, atau ketika bos tidak ada? Apakah mereka datang pada awal dan pulang lebih awal? Bagaimana orang memperlakukan waktu makan siang mereka? Tanyakan kepada diri sendiri apakah Kita mampu untuk memenuhi jadwal yang cocok dengan rutinitas kehidupan Kita. Jika tidak, maka perlu dibicarakan dengan atasan Kita.

Tepat Waktu
Coba selalu tepat waktu dalam bekerja. Anda harus bisa mengatur jam kerja dengan waktu-waktu yang dipergunakan untuk yang lain misalnya untuk istirahat, untuk keluarga maupun untuk keperluan pribadi. Karena itu, ingatlah bahwa orang menghargai pekerjaan bukan pada jumlah jam Kita bekerja, tapi hasil dari pekerjaan Kita. Jangan terganggu oleh rekan yang berinternet ria pada jam kerja. Berkonsentrasi pada pekerjaan Kita sehingga Kita dapat meninggalkannya tepat waktu.

Tetapkan Batas
Jangan selalu bekerja lembur. Konsisten pada hasil pekerjaan pada jam kerja biasa dan hentikan kebiasaan menumpuk pekerjaan. Jangan membebani diri sendiri. Informasikan pada manajer kita waktu sebenarnya yang telah Kita pakai untuk bekerja, dan belajar untuk mengatur batas-batas pribadi. Biarkan mereka menyadari bahwa Kita juga punya kehidupan.

Comments

Popular Posts