Tips untuk meningkatkan konsentrasi


  • Jangan pernah mengatakan kepada diri sendiri Anda tidak dapat berkonsentrasi. Mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak dapat berkonsentrasi hanya akan membuat anda semakin sulit berkonsentrasi.
  • Setiap kali Anda perlu memfokuskan pikiran Anda, katakan kepada diri Anda lagi dan lagi bahwa Anda dapat berkonsentrasi. Katakan pada diri Anda bahwa Anda dapat mengembangkan kemampuan tersebut.
  • Ingat bahwa untuk meningkatkan konsentrasi Anda, Anda perlu melatihnya, seperti keterampilan lainnya. Jika sekarang Anda tidak bisa mengkonsentrasikan pikiran Anda pada satu objek untuk lebih dari beberapa detik, nanti pada waktunya, jika Anda tekun, Anda akan dapat mengkonsentrasikan pikiran pada apa pun untuk waktu yang lama.
  • Membuat kesepakatan dengan pikiran Anda. Jika ada sesuatu yang mengganggu perhatian Anda, seperti masalah emosional atau masalah pekerjaan yang belum terselesaikan, katakan pikiran Anda bahwa semua masalah ini bisa menunggu sebentar, dan bahwa Anda akan hadir kepada mereka setelah Anda menyelesaikan apa yang Anda lakukan. Jika ini tidak membantu Anda, kemudian tulislah di selembar kertas masalah apa yang Anda pecahkan. Hal ini sampai batas waktu tertentu akan menghapus masalah dari pikiran Anda.


  • Melakukan satu hal pada suatu waktu. Melompat dari satu hal ke hal lainnya hanya akan mengajarkan pikiran Anda menjadi kehilangan perhatian dengan cepat, 
  • Ketika Anda menemukan diri Anda berpikir pada sesuatu yang lain, mencoba untuk tetap sabar, dan membawa pikiran Anda untuk fokus pada satu objek, lagi dan lagi.
  • Ketika Anda menuliskan ide-ide Anda, Anda secara otomatis fokus dan perhatian penuh pada mereka. Jadi pensil dan kertas merupakan alat bantu konsentrasi yang sangat baik.

Comments

Popular Posts