Melatih Pengendalian Diri



Pengendalian diri sangat penting untuk mengendalikan dan mengatasi kekhawatiran, kecanduan dan segala jenis perilaku yang tidak pas dengan kondisi yang seharusnya. Dengan pengendalian diri, Kita dapat mengembangkan kesabaran dan toleransi serta merupakan alat yang penting dalam mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.
Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk melatih pengendalian diri adalah sebagai berikut:


  • Pertama Anda perlu mengidentifikasi dalam bidang kehidupan apa saja Anda bisa mendapatkan pengendalian diri yang lebih baik dan bidang-bidang apa saja Anda menemukan diri Anda kurang baik dalam mengendalian diri? Misalnya: Merokok, Minum Alkohol, Makanan, Berbelanja, Bekerja dll
  • Cobalah mengidentifikasi emosi yang tidak terkontrol, seperti kemarahan, ketidakpuasan, ketidakbahagiaan, kesenangan, kebencian, atau ketakutan.
  • Identifikasi juga pikiran dan keyakinan yang mendorong Anda untuk berperilaku dengan cara yang tidak terkendali.
  • Beberapa kali sehari, terutama bila Anda perlu mengendalikan diri, ulangi selama satu menit atau dua  menit salah satu afirmasi berikut:
  1. Saya sepenuhnya bisa mengendalikan diriku sendiri.
  2. Saya memiliki kekuatan untuk mengontrol emosi dan pikiran saya.
  3. Pengendalian diri menambah kekuatan batin saya dan membuat saya sukses.
  4. Saya bisa mengendalikan reaksi saya.
  5. Saya bertanggung jawab atas perilaku saya.
  6. Saya bisa mengontrol emosi saya.
  7. Hari demi hari kemampuan saya untuk mengendalikan perasaan dan pikiran saya semakin meningkat.

  • Visualisasikan diri Anda bisa bertindak dengan penuh pengendalian diri dan menahan diri. Ambil salah satu contoh peristiwa di mana Anda biasanya bertindak dengan kurangnya pengendalian, dan visualisasikan ketika Anda bertindak dengan tenang dan dengan penuh penguasaan diri dalam menghadapinya.


Comments

Popular Posts