Menanggulangi Depresi



Jika anda sedang merasa lelah, tertekan dan sedih Anda tidak sendirian. Dalam kehidupan ini, perasaan sedih, bahagia selalu datang berganti-ganti, maka ketika Kita merasa sedih dan tertekan, menghargai kehidupan yang Kita miliki merupakan langkah pertama yang harus Kita lakukan. Berikut tips yang mungkin bisa lebih mempermudah Kita dalam menghargai kehidupan.



Buat Tulisan yang membahagiakan. Tulislah setidaknya lima hal yang membuat Kita merasa bersyukur setiap harinya. Mungkin ada kalanya dalam suatu hari Kita mengalami kejadian yang membuat hati dan perasaan Kita menjadi tidak enak, akan tetapi selalu ada sesuatu untuk dihargai, entah itu misalnya adanya sebuah atap di atas kepala Kita ketika hujan melanda atau indahnya matahari terbit.







Tertawa setiap hari. Menertawakan lelucon yang ada entah itu pertunjukan lawak di televisi, tingkah laku anak-anak yang lucu dan kejadian-kejadian yang lain. Menghabiskan waktu dengan orang yang suka tertawa bisa menjadi solusi ketika hati Kita sedang bersedih karena ternyata tertawa itu menular :) :) :).
Luangkan waktu dengan anak-anak. Jika memang belum memiliki momongan Kita bisa bermain dengan keponakan atau menonton anak-anak bermain di taman. Kita pasti belajar sesuatu tentang menikmati hidup di mana anak-anak adalah para ahlinya. Kita bisa melihat ternyata melakukan sesuatu yang Kita anggap simple seperti bermain tanah, kejar-kejaran, bermain tali bisa membuat anak-anak bahagia dan menikmati hidup, jadi mengapa Kita perlu khawatir Ketika tindakan sederhana ternyata bisa membawa kebahagiaan??



Berpikir positif. Ketika Kita memulai hari dengan pikiran negatif di seluruh hari Kita maka dampaknya adalah hati Kita akan lebih terluka. Namun jika kita bingkai pemikiran dengan pikiran positif, Kita akan terkejut dengan banyaknya dampak positif dalam kehidupan yang akan Kita dapatkan.







Perhatikan keajaiban alam. Jika Kita melihat pelangi dan hujan, Kita bisa berpikir hikmah dibalik penciptaan fenomena alam tersebut, Kita bisa menempatkan diri dalam posisi bahwa Kita dianugrahi berbagai karunia alam yang sangat ajaib yang diperuntukkan untuk Kita.

Pelan sedikit. Hidup ini bukanlah sedang berlomba lari. Luangkan waktu setiap hari untuk memperlambat dan mencium misalnya bau mawar di taman. Makanlah cukup lambat untuk menikmati setiap gigitannya. Perlambat hidup Kita sehingga akan memberikan waktu bagi Kita untuk menghargainya.







Membantu orang lain. Membantu seseorang benar-benar akan memicu reaksi berantai terhadap perasaan bahagia dalam hidup Kita. Melihat efek dari tindakan sederhana dalam membantu orang lain akan membuat Kita menyadari bahwa Kita benar-benar membuat perbedaan di dunia.


Comments

Popular Posts