Membuat Keputusan yang Efektif

  1. Ketika anda membuat sebuah keputusan, jangan ragu untuk menilai itu benar atau salah. Tidak ada yang benar atau salah ketika Anda membuat keputusan. Satu-satunya hasil adalah keputusan yang Anda buat karena keputusan adalah pilihan antara alternatif.
  2. Buatlah catatan tertulis ketika Anda membuat keputusan, melakukan analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman) bisa dilakukan sebelum membuat keputusan. Tulis semua solusi yang mungkin bisa dilakukan serta informasi lain, termasuk bagaimana setiap pilihan yang diambil akan mempengaruhi diri sendiri dan orang di sekitar Anda. Seringkali dengan menulis pilihan, solusi menjadi jelas bagi Anda.
  3. Jika keputusan Anda akan mempengaruhi orang lain berbicaralah dengan mereka dan cari tahu apa pendapat dan kebutuhan mereka. Ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan menjadi lebih mudah.
  4. Bila Anda telah membuat keputusan, langkah selanjutnya adalah menaatinya serta berkomitmen diri untuk melaksanakan keputusan tersebut 100%. Anda tidak akan pernah bisa benar-benar yakin apakah keputusan yang telah anda buat merupakan keputusan yang tepat, tetapi ketika Anda telah menetapkan sebuah keputusan jangan pernah ragu kecuali jika ada alasan yang sangat valid untuk mengubahnya.
  5. Visualisasikan hasil keputusan Anda dan bayangkan kenyamanan atas hasil dari keputusan tersebut. Visualisasikan semua hasil yang mungkin terjadi sebelum Anda mengambil tindakan dan menindaklanjuti keputusan tersebut.
  6. Percaya pada diri sendiri dan pada kemampuan Anda untuk tidak hanya membuat keputusan yang baik, tapi untuk melaksanakannya. Kepercayaan ini akan membantu Anda untuk lebih percaya pada keputusan Anda.
  7. Dasar dalam membuat keputusan adalah pada apa yang terasa tepat untuk Anda - insting Anda biasanya akan memandu Anda sangat baik.


Comments

Popular Posts