Bagaimana menjadi Muslim yang baik?


  1. Iman adalah kunci dari sebuah kepercayaan, yang paling utama dalam menjalankan ajaran Islam adalah kita harus beriman kepada Allah SWT. Percaya bahwa Allah SWT ada, dan sifat-Nya berada di luar jangkauan imajinasi manusia. Dia biasa melakukan semuanya dan apapun. Iman kepada Allah adalah penting. Yang kedua adalah menerima bahwa Muhammad Saw adalah Nabi terakhir dari garis panjang nabi yang dimulai dengan Adam, dan dilanjutkan dengan Nabi-nabi terkenal seperti Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan lainnya. Menyetujui bahwa Al-Qur'an adalah firman yang paling baru dan benar dari Allah SWT.
  2. Melakukan sholat dengan tulus dan kusyuk. Percaya bahwa Allah SWT selalu dekat dengan kita. Selalu sholat tepat waktu dan tidak pernah menunda. Tidak ada yang bisa lebih penting daripada menjalankan apa yang Allah minta dari kita, bahkan ketika kita bekerja atau belajar, hentikan semua yang kita lakukan dan pergi ke masjid terdekat untuk sholat. 
  3. Melakukan sholat di tengah malam. Sholatlah ketika kebanyakan orang di sekitar kita sedang tidur nyenyak. Malam adalah waktu yang paling manjur untuk berdoa.
  4. Ucapkan nama-Nya setiap waktu atau juga dikenal sebagai Dzikir, membaca nama Allah pada akhirnya akan membuat seorang Muslim menjadi kuat karena kita terus-menerus diingatkan tentang apa yang baik yang telah Dia lakukan untuk kita dan seluruh umat manusia.
  5. Bersyukurlah untuk semua yang kita miliki, baik itu rohani, mental, atau fisik. Semakin murah hati kita, semakin kita akan menyadari betapa banyak kita telah diberkati. Dan dengan syukur, Allah mengizinkan kita akan menjadi lebih kuat karena kita akan percaya bahwa Allah adalah maha hadir.
  6. Melindungi kesucian kita. Kita harus tahu bahwa perzinahan adalah tindakan dosa, dan dengan demikian kita harus selalu menghindarinya. Hal ini berlaku untuk pria dan wanita. Perempuan tidak harus memakai pakaian ketat atau menampilkan tubuhnya, dan laki-laki harus selalu menundukkan pandangan mereka dari hal-hal yang bisa menyebabkan perzinahan.
  7. Selalu menepati janji. Jika kita merasa bahwa kita tidak bisa menepatinya informasikan  halangan tersebut kepada pihak lain sesegera mungkin. Mematuhi janji dan sumpah pada akhirnya akan membuat kita menjadi orang yang dapat dipercaya.
  8. Menghormati pendapat orang lain. Tidak ada pendapat yang dapat dikatakan "buruk" atau "bodoh". Tanpa pendapat, hal-hal tidak akan pernah membaik dan memperoleh kemajuan. Jika kita tidak menyukai ide orang lain, jangan menolaknya secara langsung, melainkan bisa menambahkan pendapat pada ide tersebut untuk memperbaikinya.
  9. Cepat untuk alasan yang tepat. JANGAN cepat karena kita ingin mengesankan orang lain atau karena kita ingin merasa lebih unggul dalam hal popularitas, Cepatlah dengan niat untuk menyenangkan hanya Allah, dan untuk mendapatkan pahala karena melakukannya. 
  10. Berpuasa dua kali seminggu, sebaiknya pada hari Senin dan Kamis. Berpuasa selama bulan Ramadhan dan juga pada hari Arafah, pada tanggal 9 Zulhijjah karena Allah akan mengampuni segala dosa yang telah kita lakukan selama satu tahun sebelum dan sesudah hari Arafah.
  11. Jangan pernah berbohong. Harus ditekankan lagi Allah membenci pengikutnya untuk berbohong kepada orang lain. Berbohong juga akan berdampak kepada integritas kita. Berbohong diperbolehkan untuk hal-hal khusus misalnya kebohongan akan benar-benar menutupi rasa malu orang lain atau akan menghindari marabahaya untuk semua orang.
  12. Jika Anda seorang pria jadilah pemimpin yang baik untuk keluarga. Nabi Muhammad (saw) berkata, "Yang terbaik dari kamu adalah dia yang terbaik untuk keluarganya." 
  13.  Bersedekahlah. Ingat, orang yang memberi adalah lebih baik (dalam konteks memberikan sedekah) dari dari pada yang selalu menerima.
  14. Jadilah oramg yang lembut dan baik hati tidak hanya untuk orang tua kita, tetapi untuk sepupu, ke teman kita, dan bahkan untuk flora dan fauna di sekitar kita. Selalu lindungi lingkungan kita. 
  15.  Jadilah murah hati terhadap orang tua kita. Ayah kita telah bekerja sangat keras untuk mempertahankan hidup keluarga, ibu kita menderita dan berusaha keras untuk melahirkan kita ke dunia ini. Apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka?
  16. Jangan menyesali kematian orang yang kita cintai. Ketahuilah bahwa Allah melakukan itu karena Dia mengasihi orang yang kita cintai. Terimalah bahwa kematian adalah fase istirahat bagi orang yang kita cintai dari semua masalah dunia.
  17. Jangan membuang waktu kita untuk hal-hal yang tidak berguna. Waktu adalah berkah, pastikan kita menggunakannya dengan penuh manfaat.
  18. Membaca Quran / Hadis. Pikirkan dalam-dalam makna setiap kalimat dalam Quran. Diskusikan di antara teman untuk mencari kesimpulan. Setiap kali kita menemukan bahwa kita tidak dapat memahami makna utama dari kalimat dalam Quran dan hadist, lihat buku"Penjelasan dari Quran" atau "Tafsir" dari ulama atau meminta orang berpengetahuan. Hal tersebut akan membuat kita lebih kuat iman. Nabi Muhammad berkata, "Dua jam berpikir dalam arti Quran, adalah lebih baik dari seratus tahun berdoa."
  19. Cobalah untuk banyak mencari pengetahuan, bahkan jika itu berada di tangan musuh kita.
  20. Selalu berpikir yang benar. Jangan biarkan ide-ide jahat muncul dalam benak kita.
  21. Menjaga tubuh kebersihan tubuh, pakaian, peralatan rumah tangga dan segala sesuatu yang kita miliki. Gunakan wewangian serta berpakaian sederhana.
  22. Bertobat jika kita telah melakukan dosa kapan saja. Allah akan mengampuni kita, Insya Allah. Kemudian, cobalah untuk tidak mengulangi dosa yang sama lagi. Setelah apa yang kita kerjakan di dunia, Dia adalah yang akan kita temui di kehidupan setelah setelah dunia, sehingga dengan mematuhi hukum-Nya, Dia akan memberi kita pahala.
  23. Untuk menjadi Muslim yang baik, kita diwajibkan untuk percaya dengan Quran. Namun, kita boleh tidak percaya akan isi dari sebuah Hadist. Jika kita tidak setuju dengan Hadist karena isinya bertentangan dengan nurani kita atau bertentangan dengan Quran, ada kemungkinan besar bahwa isinya mungkin telah diubah seiring dengan waktu. Hadist resmi dikumpulkan 200 tahun setelah Nabi Muhammad meninggal, kita tidak diwajibkan untuk percaya pada isi sebuah hadist, kecuali kita yakin hadist tersebut akan membantu kita menjadi orang yang lebih baik.
  24. Pilih sumber dalam mempelajari Islam dengan bijaksana. Pastikan bahwa apa yang kita baca adalah fakta bukan opini. Islam adalah antara kita dan Allah, sebuah hubungan yang suci. Kita tidak harus membiarkan siapa pun mengganggu itu. Jadi jangan biarkan mereka mempengaruhi pandangan kita dalam mengamalkan Islam.

Comments

Popular Posts