Menggapai pekerjaan impian




Jika saat ini anda merasa tidak puas dengan pekerjaan anda atau ingin memajukan karir anda, anda mungkin ingin membuat sebuah rencana karir yang sesuai dengan harapan dan cita-cita anda. Sebuah rencana karir memungkinkan anda untuk fokus dalam mengatasi ketidakpuasan atas kondisi anda saat ini dan usaha mencapai ambisi anda tersebut dengan cara yang positif. Mengevaluasi dimana anda sekarang berada dan di mana anda ingin berada dalam jangka pendek maupun jangka panjang merupakan tahapan yang harus diperhatikan. Proses menciptakan rencana karir memungkinkan anda mengerti apa yang perlu anda lakukan dan usaha untuk mencapainya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut langkah-langkah yang bisa dipertimbangkan dalam menyusun sebuah rencana karir:



1.   Evaluasi situasi anda saat ini. Susun daftar situasi hidup apa saja yang anda sukai serta tidak anda sukai.
2.   Pikirkan dan tuliskan tentang kelemahan dan kekuatan anda.
3.   Tentukan arti kesuksesan bagi anda, apakah pekerjaan impian anda? Evaluasi dimana anda berada dalam kaitannya dengan pekerjaan tersebut.
4.   Mengidentifikasi apa yang perlu anda lakukan untuk mencapainya. Gunakan internet untuk meneliti kualifikasi yang harus dipenuhi untuk mengikuti jalur karir tersebut serta untuk mendapatkan pekerjaan impian anda, sehingga mencapai sukses seperti yang anda definisikan. Cari tahu juga apa yang harus anda lakukan untuk maju dalam industri tersebut.
5.   Tuliskan kualifikasi apa yang diperlukan untuk maju dalam jalur karir yang dipilih berdasarkan riset anda tersebut, serta tetapkan batas waktu dengan tujuan tertentu untuk mencapainya. Tetaplah realistis tentang situasi anda pada saat ini dan tetapkan tujuan sederhana yang dapat dicapai dengan kerja keras dan fokus.

Comments

Popular Posts