happiness is in ur Heart



Kehidupan sehari-hari dapat dibuat menjadi pengalaman yang membahagiakan atau malah menyedihkan. Hal tersebut merupakan masalah pilihan. Sikap kitalah yang membuat kita merasa bahagia atau tidak bahagia. Memang benar, kita mengalami semua situasi-situasi yang kurang menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari namun kita bisa memilih untuk terus berpikir kesedihan atas kejadian-kejadian tersebut atau kita bisa menerimanya dan dengan cepat melupakannya. Semua orang tanpa terkecuali terus-menerus melalui berbagai situasi dan keadaan dalam kehidupan kesehariannya, tapi kita tidak harus membiarkan kesedihan mempengaruhi reaksi dan perasaan kita.


Jika kita membiarkan kejadian luar mempengaruhi suasana hati kita, kita menjadi budak mereka. Kita kehilangan kebebasan kita. Kita membiarkan kebahagiaan ditentukan oleh kekuatan dari luar. Padahal, kita dapat membebaskan diri dari pengaruh luar tersebut. Kita bisa memilih untuk bahagia, dan kita bisa melakukan banyak hal untuk menambah kebahagiaan tersebut dalam hidup kita.



Apa itu kebahagiaan? Bahagia adalah perasaan kedamaian dan kepuasan batin. Hal ini biasanya dialami ketika tidak ada kekhawatiran, ketakutan atau pikiran yang terobsesi, dan ini biasanya terjadi, ketika kita melakukan sesuatu yang kita sukai atau saat kita mendapatkan, memenangkan, memperoleh atau mencapai sesuatu yang kita harapakan. Kebahagiaan tampaknya merupakan hasil dari peristiwa yang positif dari luar, namun sebenarnya kebahagiaan datang dari dalam diri kita sendiri dengan pemicu peristiwa dari luar.


Bagi kebanyakan orang, kebahagiaan tampaknya singkat dan sementara, karena mereka membiarkan keadaan dari luar untuk mempengaruhi kebahagiaan tersebut. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kebahagiaan adalah dengan memperoleh kedamaian batin melalui meditasi setiap hari. Ketika pikiran menjadi lebih damai, menjadi lebih mudah bagi kita untuk menerima kebahagiaan.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kebahagiaan dalam kehidupan kita sehari-hari:



1. Berupaya untuk mengubah cara pandang Anda dalam melihat sesuatu, Lihatlah peristiwa selalu dari sisi yang positif. Pikiran Anda bisa menyeret Anda untuk memikirkan hal negatif dan kesulitan. Jangan biarkan hal tersebut terjadi. Selalu lihatlah sisi baik dan positif dari setiap situasi.

2. Pikirkan solusi, bukan masalah.

3. Mendengarkan dengan santai musik yang lembut dan mendamaikan hati.

4. Melihat lawakan lucu yang bisa membuat Anda tertawa.

5. Setiap hari, luangkan waktu untuk membaca beberapa halaman dari buku atau artikel.

6. Perhatikan pikiran Anda. Setiap kali Anda mendapati diri Anda memikirkan pikiran-pikiran negatif, gantilah segera dengan memikirkan hal-hal menyenangkan.

7. Selalu melihat apa yang telah dilakukan dan bukan pada apa yang Anda belum lakukan. Kadang-kadang Anda mungkin memulai hari dengan keinginan untuk mencapai beberapa target. Pada sore hari  Anda mungkin merasa frustrasi dan tidak bahagia, karena Anda belum bisa untuk melakukan semua hal tersebut. Lihatlah apa yang telah Anda lakukan, bukan pada apa yang Anda belum mampu lakukan. Anda mungkin telah banyak berhasil di siang hari, namun Anda membiarkan Anda kecewa, dikarenakan beberapa hal kecil yang tidak Anda capai. Anda telah menghabiskan sepanjang hari melaksanakan banyak rencana, tetapi bukannya merasa senang dan puas, tapi Anda melihat apa yang tidak tercapai dan merasa tidak bahagia. Adilkah sikap tersebut terhadap diri Anda?

8. Setiap hari lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri. Hal tersebut mungkin sesuatu yang kecil, seperti membeli buku, makan sesuatu yang Anda sukai, menonton program favorit Anda di TV, pergi ke bioskop, atau hanya jalan-jalan ke pantai.

9. Setiap hari lakukan minimal satu tindakan untuk membuat orang lain bahagia misal, memberikan kata-kata yang baik, membantu teman Anda, menghentikan mobil Anda di perempatan untuk membiarkan orang menyeberang, memberikan tempat duduk Anda di dalam bus kepada orang lain, atau memberi hadiah kecil kepada seseorang yang Anda cintai. Kemungkinannya tak terbatas. Ketika Anda membuat seseorang bahagia, Anda menjadi senang, dan kemudian orang mencoba untuk membuat Anda bahagia.

10.Selalu mengharapkan kebahagiaan.

11.Jangan iri orang-orang yang bahagia. Sebaliknya, dengan senang hati ikut merasakan kebahagiaan mereka.

12.Berusaha berhubungan dengan orang yang bahagia, dan mencoba untuk belajar dari mereka untuk menjadi bahagia. Ingat, kebahagiaan itu menular.

13.Tersenyumlah lebih sering :).

14.Terakhir,  Ingatlah ini merupakan Hukum alam, setiap kebaikan yang anda berikan akan selalu kembali kepada diri anda.


Comments

Popular Posts