Faktor Penghambat Kesuksesan

Sukses dalam bidang-bidang yang kita impikan merupakan harapan bagi semua orang. Bagaimanapun Anda harus menemukan makna sendiri akan sebuah keberhasilan, dan mendefinisikan kesuksesan untuk diri sendiri. Poin-poin berikut dapat dijadikan panduan mengapa kesuksesan pada sebagian orang masih terasa jauh. Hal-hal yang secara umum dapat menghambat kesuksesan adalah sebagai berikut:


1.KURANG PERCAYA DIRI

Sebab utama kegagalan untuk meraih sukses adalah tidak percaya diri. Jika Anda memegang keyakinan bahwa Anda tidak bisa melakukannya, maka bisa dipastikan Anda tidak akan bisa! Dengan kata lain jika Anda yakin Anda bisa, maka kondisi disekitar anda akan menyelaraskan arah  yang akan Anda tuju. Memiliki keyakinan yang kuat akan kemampuan Anda sendiri adalah salah satu faktor kunci keberhasilan.

2. TAKUT GAGAL

Ini terkait erat dengan keyakinan. Untuk menjadi sukses, memerlukan pengalaman dari banyak kegagalan. Semakin sering Anda gagal, semakin dekat Anda untuk sukses. Bayangkan secara jelas dalam pikiran Anda apa yang Anda inginkan, kemudian seiring waktu, pastikan bahwa Anda mengambil waktu menyendiri untuk menghargai semua prestasi yang telah Anda dapat sampai saat ini.

3. KURANG KONSISTEN

Anda tidak dapat berkembang dalam bidang apapun, kecuali Anda memberikan perhatian penuh kepada bidang yang anda inginkan berulang-ulang. Jika Anda hanya mencobanya sekali, dan kemudian beralih pada yang lain, maka Anda tidak akan pernah mencapai sukses dalam bidang apapun. Agar konsisten, tetapkan slot waktu dalam jadwal Anda setiap hari, dan buat catatan harian pada saat Anda bekerja maupun hari-hari dimana Anda tidak bekerja

4. KURANGANYA RASA INGIN TAHU

Anda harus memiliki hasrat yang membara dan keingintahuan yang tinggi pada bidang yang ingin dicapai kesuksesannya. Pahami dalam pikiran Anda, mengapa Anda menginginkannya. Jadikan hal tersebut sebagai bahan bakar yang menyulut gairah Anda. 

5. TIDAK ADA PENGHARGAAN TERHADAP DIRI SENDIRI

Alasan besar mengapa sebagian orang dianggap 'dilahirkan sebagai pecundang', adalah karena mereka tidak pernah menghargai dirinya sendiri dan selalu "under estimate" terhadap kemampuan dirinya. Umpan balik positif mutlak penting untuk keberhasilan. Jika Anda mengambil tindakan dan kemudian membuat diri Anda merasa buruk untuk melakukannya, maka Anda tidak akan fokus dan kegagalanlah yang dicapai. Belajar untuk menghargai diri adalah usaha untuk mendekatkan diri pada kesuksesan Anda, sekecil apapun langkah tersebut.

Comments

Popular Posts